Memanfaatkan Botol Bekas dengan Sirih Gading

Sirih_Gading_1
Memanfaatkan Botol Bekas dengan Sirih Gading
Memanfaatkan Botol Bekas dengan Sirih Gading - Botol bekas memang akan menjadi sampah apabila kita telah selesai menggunakannya. Tidak hanya botol plastik, botol kaca juga akan menjadi limbah setelah kita selesai menggunakan. Contohnya banyak botol-botol kaca bekas minuman seperti soda, temulawak atau minuman beralkohol. Biasanya kalau kita memiliki botol seperti itu paling kita jual ke pemulung atau kita buang sembarangan. Padahal sebenarnya kita bisa menggunakannya sebagai wadah atau pot tanaman. Salah satu tanaman yang cocok adalah tanaman Sirih Gading.

Sirih gading merupakan tanaman yang sebenarnya tidak mirip seperti sirih pada umumnya namu memiliki kesamaan dari cara hidupnya yaitu merambat. Sirih gading memiliki warna kombinasi hijau dan kuning. Kadang apabila tanaman ini jarang terkena sinar atau berada di tempat teduh, warna kuning bisa menjadi putih. Nama latin dari sirih gading ini adalah Epipremnum aureum (wikipedia). Selain dapat tumbuh dengan media tanah, sirih gading juga dapat tumbuh dengan media air (Hydroponik). Teknik menanam ini sering kita jumpai di sekolah-sekolah dasar dimana teknik ini memanfaatkan air sebagai media pada tumbuhan rambat. Teknik ini juga cocok untuk dipraktikkan di dalam rumah atau di perkantoran. Kelebihan teknik ini dikarenakan kita tidak perlu menyiram tanaman tersebut. Hanya saja harus rutin mengganti airnya agar tidak menjadi sarang nyamuk.

Saya sendiri memanfaatkan botol-botol bekas untuk menanam sirih gading ini untuk hiasan di meja tamu. Contohnya seperti gambar dibawah ini.
Sirih_Gading_2
Sirih Gading di Botol Bening

Sirih_Gading_3
Sirih Gading di Botol Kaca Gelap

Sirih_Gading_4
Terlihat Cantik di Botol Bekas Minuman Beralkohol

Sirih_Gading_5
Sirih Gading Merambat di Tanah

Selain dapat mempercantik meja tamu, ternyata sirih gading memiliki manfaat seperti menyerap racun. Racun gas yang berupa gas karbon monoksida dan formaldehid di udara dapat terserap oleh tanaman cantik ini (widyantiyuliandari.com). Cocok sekali berada di rumah yang letaknya dekat dengan jalan besar atau di kota-kota yang memiliki tingkat pencemaran udara yang tinggi.

Untuk harganya sendiri, tanaman sirih gading termasuk tanaman yang murah serta mudah didapat. Kisaran harga mulai dari Rp. 10.000 sampai Rp 50.000 tergantung oleh besar tanamannya itu sendiri. Dengan harga yang murah, kita bisa meminimalisir sampah botol plastik atau kaca agar tidak berserakan atau membuangnya sembarangan. Serta kita mendapat bonus yaitu udara segar disekeliling rumah kita. - (Ananta, 2017)

Tambahan! Jika kalian tidak tau nama dari tumbuhan ini, begini cara mencarinyanya di google.
- Tanaman merambat daun hijau kuning
- Samblung variegata
- Tanaman rambat yang bisa ditanam di air

Share this

Related Posts

First